Sistem Informasi Manajemen Terpadu PNPM Mandiri

PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Melalui PNPM Mandiri dirumuskan kembali mekanisme penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Sehingga diharapkan akan menumbuhkan partisipasi, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Sejak diluncurkan tahun 2007, lokasi dan alokasi pendanaan PNPM Mandiri terus diperluas dan ditingkatkan. Bahkan pada tahun 2009, lokasi PNPM Mandiri meliputi seluruh kecamatan di Indonesia. Dengan skala yang demikian besar, baik dari sisi cakupan wilayah maupun dana yang dikelola, PNPM Mandiri memerlukan mekanisme monitoring dan evaluasi yang kuat untuk memastikan bahwa program ini berjalan tepat sasaran. Salah satu alat yang digunakan adalah dengan membangun Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIMPADU) PNPM Mandiri yang handal, interaktif, dengan data yang lengkap dan terpercaya.

Selama ini, Sistem Informasi Manajemen (SIM) PNPM Mandiri dikelola oleh masing-masing program dan tidak saling terhubung satu dengan lainnya. Kondisi ini sangat menyulitkan untuk memantau perkembangan pelaksanaan PNPM Mandiri secara keseluruhan. Dengan mengkonsolidasikan dan mengintegrasikan seluruh SIM masing-masing program PNPM Mandiri, SIMPADU PNPM Mandiri merupakan jawaban terhadap permasalahan tersebut.

 Berita Terbaru

Pemerintah Diminta Persempit Kesenjangan Ekonomi
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Ekonomi Nasional (KEN) meminta pemerintah untuk meningkatkan upaya mempersempit jurang kesenjangan ekonomi antara golongan rentan dan mampu.
23 Jan 2013 | Baca Lebih Lanjut…
Bupati Usul Ada lokasi Pilot Project PNPM-MP
MAJENE, FAJAR -- Bupati Majene Kalma Katta, mengusulkan agar PNPM Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) menentukan lokasi ataupun daerah di kecamatan sebagai pilot project pelaksanaan kegian. Hal ini menurut K
23 Jan 2013 | Baca Lebih Lanjut…
SANITASI PERDESAAN Selesai Dibangun Di 501 Lokasi
JAKARTA—Pembangunan sanitasi perkotaan dan infrastruktur perdesaan atau Urban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) pada tahun pertama (2012) berhasil dilaksanakan di 68 kabupaten/kota.
22 Jan 2013 | Baca Lebih Lanjut…
Kajari Pertanyakan Penilaian PNPM
TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG REDEB - Unit Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, merupakan salah satu UPK yang mendapa
22 Jan 2013 | Baca Lebih Lanjut…

 Video Diunggah

Current Time: --:-- | Duration: --:--

Bytes Total: -- | Start Bytes: -- | Bytes Loaded: --

 Foto Terakhir Diunggah

 Apa Kata Manajemen

 Video Pembukaan SIMPADU

 Laporan Yang Telah Rampung

 File Presentasi SIMPADU